Review dan Penjelasan Alur Cerita Interstellar (2014)

Interstellar adalah film karya Christoper nolan yang dibintangi oleh  Matthew McConaughey sebagai Cooper,  Anne Hathaway  sebagai Amelia brand,Michael Caine( Prof Brand) dan Jessica Chastain ( sebagai Murpy dewasa). Selain itu ada juga  Mackenzie Foy sebagai murphy kecil. Jika anda lihat trailernya ada anak cewek kecil itulah Mackenzie Foy.

Seperti biasa, review akan saya bagi dua, bagian pertama adalah review NON SPOILER bagi yang belum menonton dan di bagian bawah ada review dengan BIG SPOILER ALERT. Jadi, jangan membaca Bagian spoiler jika anda belum nonton.


Alur cerita
Berkisah 60 tahun dari sekarang, Film ini mengisahkan tentang usaha manusia mencari planet yang mungkin dijadikan tempat tinggal baru bagi manusia. Bumi disaat itu sudah mulai tidak cocok di huni manusia dan satu satunya tanaman pangan yang ada adalah jagung, tanaman pangan yang lain sudah tidak bisa tumbuh karena perubahan iklim, kondisi tanah dan udara yang sudah tidak sehat bahkan buat manusia sekalipun. Permasalahan yang ada, jagung tidak lama lagi juga tidak bisa bertahan dan akan mati karena kondisi tanah dan atmosfer yang terus berubah, harapan terakhir? Cari planet lain yang bisa ditinggali manusia. 

Prof Brand beserta putrinya ( Amelia brand) adalah peneliti di NASA yang sekarang bekerja  secara tertutup .Di waktu itu, Hal paling penting adalah makanan, gadet, smarphone dan sejenisnya sudah bukan menjadi hal penting, teknologi hanya digunakan seperlunya saja . Anak anak pun dididik agar menjadi petani mengingat kelangkaan pangan yang terus menerus terjadi. 

Permasalahannya apakah NASA berhasil mengirim Cooper  dan timnya  sukses mencari planet yang bisa di jadikan tempat tinggal baru bagi manusia? Berapa lama dia bisa kembali ke bumi, seandainya berhasil pun, apakah mungkin membawa manusia bisa (orang biasa ) ke planet tersebut?

Review Film

Film ini terdiri dari dua bagian yaitu konflik antara Ayah dan anak perempuannya (Cooper dan Murph) serta misi luar angkasa yang harus dilaksanakan oleh ayahnya untuk menyelamatkan manusia. Bagaimana manusia mencari planet dengan jarak ribuan tahun cahaya? Jawabannya menggunakan wormhole. Wormhole adalah jalan pintas /Portal yang bisa menuju galaxy lain dengan cepat. Perhatikan poster di atas? lengkungan cembung diangkasa seperti gelembung itu adalah wormhole. Kebetulan NASA menemukan wormhole disekitar saturnus. 

Efek film ini juga luar biasa, saya sangat suka. Apalagi yang menarik, kejadian di luar angkasa dibuat seralistis mungkin. Contoh penggambaran yang benar tentang luar angkasa adalah masalah bunyi. Sudah kita ketahui bersama bunyi hanya merambat melalui perantara udara/benda. Karena di angkasa luar tidak ada udara, maka bunyi diluar angkasa tidak ada. Sejauh ini, interstellar adalah film tentang angkasa luar yang dengan "BENAR" menggambarkan kondisi angkasa. Semua efek dan gambaran  blackhole, wormhole dan benda langit serta planet dibuat berdasarkan perhitungan matematis dan data  Ilmiah,

Murphy sewaktu kecil yang diperankan oleh Mackenzey foy juga  sangat menghayati  perannya sebagai seorang anak perempuan, Sangat terasa hubungan ayah dan anak di film ini. Akting anak ini sangat menyatu dengan McConaughey yang memerankan seorang ayah. Jika anda seorang ayah, pasti merasakan bagaimana intensenya adegan 10 menit tarkhir, disini Cristoper nolan sangat jenius dalam menggabungkan drama dengan science. Jujur saja, mata saya sampai berbinar dan sampai malam pun masih kepikiran bahwa "THE MOST IMPORTANT thing in LIFE is FAMILY". pokoknya kerasa banget,

Sebagian orang mungkin akan bilang, ngapain ada drama ayah anak segala, ini kan film luar angkasa? percaya deh, semua ada hubungannya dan akan terjawab di akhir cerita. Dibintangi bintang bintang pemenang oscar, jalur cerita yang sangat menarik serta gambaran luar angkasa yang sangat realistis plus Sutradara paling jenius abad ini, sudah sangat cukup menjadi alasan untuk menonton INTERSTELLAR.

Endingnya? Bukan hanya mengejutkan, tapi benar benar tidak terduga, dalam bahasa inggris istilahnya MINDBLOWING dan MAGICAL apalagi di IMAX. Disini juga ada adegan yang menyatukan alur dari awal sampai akhir, kalau anda perhatian dengan alur film, maka d 10 menit terakhir film  ini pasti akan bilang "Oh begitu", " oh ternyata itu karena A", " oh si X yang dikira Y itu ternyata ..." dan seterusnya. Sebagian besar potongan film diawal yang terasa membosankan baru tergambar dengan jelas di bagian ini. Pada bagian ini efeknya juga WOW, apalagi di lihat di IMAX :).


Rating filmnya bagus?

Rotten tommato memberi nilai 74%  fresh, Metacritic 74% dan IMDB 9/10.
rating interstellar

Saya  memberi nilai 9/10 mirip dengan IMDB, film ini adalah film terbaik dan film paling realistis dalam perjalanan ruang angkasa. Bukan hanya itu, bahkan ahli Astro fisika Neil deGrasse tyson, salah satu astrofisika terkenal cukup positif mengapresiasi film ini, Hal ini cukup beralasan karena gambaran luar angkasa dibuat oleh Kip Thorne, Seorang astrofisika terbaik saat ini.

Trailer film
Ini adalah kombinasi dari 4 trailer yang dijadikan satu video, dari sini anda bisa tahu thema utama dari interstellar. Tapi ingat, trailer ini baru menggambarkan 10% dari jalur cerita sebenarnya. Sang sutradara sangat jenius dalam merahasiakan alur cerita, saya jamin saat anda menonton filmnya anda akan terkejut karena filmnya jauh tidak terduga! 





Saran saat menonton!

Film ini berdurasi 169 menit atau hampir 3 jam, sangat disarankan anda ke toilet dulu, Setiap adegan di film ini bermakna dan saling terkoneksi, tidak ada yang sia sia.  Bagi yang emosional, jangan lupa bawa tissue karena tidak ada happy ending disini.


Review spoiler dan Alur cerita (BIG SPOILER).

Apa konsep penting di film ini secara science/fisika/astronomi?

Jika anda anak science, mungkin anda tidak akan banyak bertanya, namun bagi yang bukan jurusan ini, sebelum nonton, silahkan baca artikel tentang Wormhole,blackhole, Dilatasi waktu, Gravitational wave,  Murpy Law dan Tasseract di Wikipedia, catatan penting disini, tasseract bukan benda "jimat" yang punya kekuatan tidak terbatas seperti di film Avenger. Sama sekali tidak ada hubungannya.

Alur cerita

Inti cerita dari interstellar ada dua, hubungan ayah dan anak serta perjalanan angkasa menembus wormhole. keduanya sepertinya tidak berhubungan, namun di film ini sutradara benar-benar jenius, semuanya terhubung dengan rapih. saya akan ceritakan secara rinci dan saya bagi menjadi 3 bagian. bagian kisah di bumi, kisah di angkasa luar dan di bagian akhir.

Kisah Di bumi

Kisah  pertama (Bumi) Kisah cerita ini digambarkan sekitar tahun 2060-2070, bukan kondisi sekarang, di masa itu, bumi sudah rusak, militer sudah tidak dibutuhkan dan manusia kembali ke kebutuhan dasar yaitu MAKAN. permasalahannya, tanaman pangan yang bisa bertahan di masa itu hanya jagung.  Tanaman lain sudah tidak mau tumbuh, seandainya dipaksa tanam padi atau gandum akan mati muda. jika anda heran kenapa  cuma jagung bisa dilihat penjelasannya disini dan ini ilmiah. Di masa itu, atmospere mulai tidak bersahabat dengan manusia, disertai seringnya badai debu yang menyebabkan gangguan pernapasan serta meningkatnya kadar gas berbahaya di udara membuat makin parah bukan hanya manusia tapi juga bagi tanaman pangan.

 Cooper mempunyai dua orang anak, anak laki laki bernama Tom coper. Tom cukup dewasa dan pintar dalam bertani, sedangkan anak kedua Murphy lebih suka dengan science dan sangat dekat dengan ayahnya. Murphy sering cerita ke ayahnya bahwa ada Hantu di rak bukunya, dia bahkan bilang bahwa sepertinya hantu tersebut ingin berkomunikasi dengannya. Pada kejadian yang lain, saat terjadi badai debu besar, Murphy melihat pola debu di kamarnya yang ternyata adalah koordinat sebuah lokasi. Saat di datangi, lokasi tersebut ternyata kantor rahasia NASA. pada masa itu, Lembaga tersebut  memang sudah tidak terlalu penting karena proyek luar angkasa dianggap pemborosan anggaran pemerintah. Namun demikian, NASA masih akan menerbitkan misi terakhir karena 10 tahun sebelumnya mereka sudah mengirimkan 3 astronot ke 3 planet di galaxy lain melalui wormhole.

 Data yang didapatkan menyatakan bahwa 3 planet tersebut layak huni. Disini cooper yang seorang astronot dan enginer harus memimpin tim terakhir untuk mengecek keberadaan planet tersebut dan memastikan planet mana yang paling cocok untuk ditinggali manusia. Murphy tidak setuju dengan keputuasan ayahnya pergi, karena dia tidak tahu kapan kembali, bahkan "HANTU" dikamarnya memberi tahu dengan kode morse yang diterjemahkan menjadi kata "STAY". Namun, Cooper tidak peduli dan tetap pergi.

Kisah di Luar angkasa

Misi Coper dan Timnya harus mengecek dari 3 planet ini mana yang paling mungkin sekaligus mengecek apakah para astronot yang di kirim masih hidup.

Permasalahan selanjutnya dihadapkan pada kenyataan bahwa planet planet tersebut mengelilingi Blackhole. Salah satu planet terdekat itu adalah planet Miller, yang ternyata adalah planet air sedalam setengah meter, namun gelombang airnya bisa mencapai ratusan meter (bisa dilihat di trailer). Miller, astronot yang di kirim ke planet ini sudah tewas. Karena dekatnya planet ini dengan blackhole, maka terjadilah dilatasi waktu. Waktu satu jam di planet ini sama dengan 7 tahun dibumi, mereka disana mengalami kecelakaan dan terlambat keluar dari planet, mereka butuh waktu 3 jam lebih yang sama dengan 23 tahun lebih dibumi.

Adegan paling keren difilm 


Adegan paling keren di interstellar. JANGAN LIHAT VIDEO diatas KALO BELUM NONTON . adegen ombak besar di planet miller, adegan ini benar benar intense, saya bersyukur saya bisa menyaksikannya di IMAX. saya duduk dengan tegang selama 4 menit melihat adegen ini apalagi saat cooper bilang "That's not mountains, that's Wave!". dalam hati " OMG.... What the.....?" kekuatan adegan ini bukan hanya karena akting aktornya, namun komposisi music background dari hanz zimer yang membuat adegan ini paling teringat sepanjang film, bahkan sampai hari ini.
Setelah berlalu 3 jam bagi mereka (dan 23  tahun penduduk bumi) , mereka akhirnya menuju planet Mann, di planet ini sang astronot masih hidup dan BIG SPOILER, ternyata pemerannya adalah Matt Dammon. Ini benar benar kejutan luar biasa, Cristpher nolan menyembunyikan matt dammon saat produksi ataupun pemasaran. Tidak ada kata matt dammon atau gambar matt dammon di Interstellar, namun Matt dammon punya peran besar disini. Mann adalah orang yang sudah putus asa dan memutuskan untuk hibernasi tanpa menset jam bangun. Dia juga terus mengirim data yang ternyata fiktif agar segera di tolong. Disinilah konflik sebenarnya terjadi, Jadi Matt damon disini adalah antagonis di Interstellar.

 Bagi Nolan, matt damon disembunyikan karena dia bagian paling penting di cerita interstellar. Mann berusaha membunuh cooper dan melarikan diri dari planet menggunakan pesawat Endurance, (pesawat cincin, bisa dilihat di trailer). Ingat, tidak ada yang sia sia dari setiap potongan adegan di Interstellar, bahkan mungkin yang anda anggap boring.

Ending
BIG SPOILER ALERT, Setelah cooper terlempar ke lubang hitam, dia terperangkap di Tasseract. Tasseract adalah alam 5D, sedangkan kita sabagai manusia hidup di 4D. Gambaran singkat tentang dimensi saya jelaskan sebagai berikut: 1 dimensi adalah garis lurus antara dua titik, 2 dimensi adalah bidang, misalkan persegi panjang, atau segitiga, 3D seperti bola, kotak dll, dan kita hidup di bidang 3 dimensi. Terus apa 4D, 4D adalah spacetime. Ruang dan waktu pada kenyataannya adalah satu kesatuan. Gambaran mudah dari 4 dimensi adalah serangkain kejadian dalam garis lurus dalam dunia 3D. contohnya Anda dari rumah ke bioskop naik motor. Proses  keluar dari rumah, menutup pintu, strarter motor, berkendara, parkir dan antri tiket seluruh proses itu adalah  kejadian dalam satu  4D spacetime. Bayangkan jika kejadian tadi di potong potong dan diletakan ruang sendiri. alam 5D menggambarkan waktu sebagai kotak ruang dalam range tertentu. dalam cerita diatas berarati ada ada kotak ruang waktu saat menutup pintu, ruangwaktu saat menstarter kendaraan, ruangwaktu saat berkendara, ruangwaktu saat antri tiket dan seterusnya.

BIG SPOILER ALERT Disini, Cooper hanya bisa berkomunikasi dengan Murph lewat Gravitasi. Masih ingat hantu yang mengirim pesan "STAY" ke murph? Ternyata selama ini "HANTU" di kamar murph adalah ayahnya yang terperangkap dalam alam 5 Dimensi. Waktu di 5D tidak berpengaruh, tidak ada dulu dan sekarang , kamu sudah ada disana  tidak ada awal dan akhir dan kamu bisa pergi kemana saja baik kemasa depan atau kemasa lalu, karena alam 5D keluar dari dimensi waktu. Dari sini juga ada nilai agamanya, bahwa Tuhan itu pasti ada. Karena waktu sendiri adalah ciptaan tuhan, jadi sangat aneh kalau ada orang bertanya "siapa yang menciptakan tuhan?" karena itu tidak Ilmiah, konsep tuhan tidak berawal dan berakhir itu ilmiah jika ditinjau dari ruang 5D.

BIG SPOILER ALERT  Intinya disini, cooper berkomunikasi dengan murph dengan memanipulasi gravitasi  menggunakan morse code.Cooper akhirnya kembali ke alam 3D dan terlempar ke area sekitar saturnus. Pertanyaan bagaimana dia bisa bertahan dan kok bisa begitu? itu misteri bahkan secara ilmiah pun susah disangkal ataupun dibuktikan mengingat tidak ada yang pernah ke wormhole atau blackhole. Yang jelas Cooper terlempar ke masa depan sekitar 85 tahun dimasa depan dimana Murphy kecil sudah menjadi nenek sedangkan cooper sendiri masih laki laki paruh baya karena diangkasa luar waktu berjalan lebih lambat. Ini juga ilmiah,kalau tidak percaya tanya profesor fisika.

Pokoknya  endingnya keren banget namun juga sedih banget. Pernah ga sih kita bayangin punya anak 10 tahun dan saat kita kembali dari pergi jauh, anak kecil kita sudah menjadi tua?  pasti ada rasa menyesal mengapa kita tidak bersama anak kita saat mereka tumbuh. Kombinasi drama anak bapak dan sci-sfi benar benar menyatu dengan bersih di film ini, Setelah menonton pun, saya masih tidak percaya bahwa Sang sutradara bisa membuat Mahakarya setelah Inception. Pokoknya kalau pingin merasakan kerennya film ini nontonya di bioskop, bukan di video Bajakan, anda tidak akan kecewa. Mending nonton Interstellar ketimbang Mockingjay yang alurnya saja sudah bisa ditebak. Klo Ga puas nonton, uang kembali deh! (minta lagi duitnya ke kasir :D).


Diagram alur cerita interstellar (klik untuk memperbesar gambar)
Bagi yang ingin melihat alur cerita dalam format diaagram, silahkan perhatikan diagram berikut ini.


diagram alur stellar, dibuat oleh user reddit
Sejauh ini, belum ada film tentang explorasi alam semesta yang lebih dekat dengan science (real science) di banding interstellar. Bagi yang ahli fisika atau jurusan fisika, anda pasti dengan mudah menerima film ini, namun bagi yang tidak ahli pun, anda akan tahu bahwa inti dari film ini adalah hubungan Antara ayah dan anak yang dibalut dalam film sience fiksi, dan itu terasa di endingnya. Ending film ini bukanlah Happy ending, nolan itu sutradara berdarah dingin, dia tidak suka dengan ending picisan " Akhirnya mereka hidup bahagia selamanya", ending paling BULSHIT disetiap film drama atau "Sang superhero akhirnya menang dan di puja puja masyarakat, ini juga BULSHIT". Dua hal diatas tidak ada di film ini. Pokoknya 9/10 bintang deh, oh film ini didesain di tonton di bioskop, kalau anda nonton bajakannya di laptop, tidak akan terasa emosi dan efeknya. Selama 2014, Interstellar adalah film terbaik yang pernah saya tonton.

update Penejalasan Video 
Silahkan lihat video animasi berikut ini lebih jelas melihat alur Interstellar


Jika anda masih punya pertanyaan tentang interstellar, silahkan baca artikel saya selanjutnya dengan judul pertanyaan dan jawaban seputar interstellar.

Komentar

  1. waaaw.... its awesome movie ever!, science emotion alone tumplek blek jadi satu, kita kecil men, tak ada apa apanya di mata pencipta tata surya dan seambreg istilah nama angkasa. great movie, right?. its recomended banget buat yang ngerasa keciiiiiil banget sebagai manusia. great job men....

    BalasHapus
  2. Pnasaran ama amelia brand n cooper?? Jadian kali ya??ckckckck

    BalasHapus
  3. Gimana cooper bisa kasih pesan ke murphy pas cooper di 5D ? Pdahal pas itu cooper ada pamitan di kamar murphy ? jadi kapan cooper brgkat sbenarnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan dimensi 5 D itu terhubung dengan waktu. Jadi dimensi itu menunjukkan waktu saat murphy ada didalanya. Si cooper kan pgn bebas. Makanya dia ngirimin kode n sandi ke murphy. Karena murphy itu anak pinter dan ngerti sandi sandi morse itulah.. Sama ada jam tangan penunjuk sandi juga.. Semoga bermanfaat:)

      Hapus
    2. memang ada hal yang gak masuk akal di film ini,,salah satunya itu..
      teori relativitasnya juga agak membingungkan,,pergeseran waktunya terlalu drastis..

      http://www.sinopsis-review.com/2016/11/interstellar.html

      Hapus
  4. masih kurang ngerti kenapa si dr.mann jahat ke cooper, padahal mreka bisa pulang bareng.. dan kenapa amelia brand ditinggal di edmund. kapan dia ke edmund? bukannya barengan sama cooper yaaa.. heu
    mhon dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dr. Mann itu udah hibernasi selama brrtahun2. Yang pengen dia lakuin adalah ketemu keluarganya.. Karena sikap egoisnya jga. Trs Amrlia Brand itu kan pas menit2 terakhir pisah sama cooprr. Cooper ke blackhole sdangkan amelia brand masi di pesawatnya menuju planet terdekat sama2 dengan sistem pesawatnya.. Ya intinya gitu.. Maaf kalau tidak memuaskan

      Hapus
    2. saya meluruskan, cooper pergi ke blackhole bukan karna sengaja, karena pesawat endurance mereka meledak saat dr. mann mau lari, jadi massa pesawatnya berkurang sehingga tekanan gravitasi di blackhole menarik pesawatnya , tujuannya kan lanjutin ke planet edmund karna bahan bakarnya habis untuk pulang ke bumi , jadi cooper dengan TARS gunain teori hukum 3 newton , biar si amelia sampe ke planet edmund , thanks

      Hapus
  5. Amelia kan berangkat sendiri. Cooper mengorban kan diri dan dia jatuh kesedot black hole.

    BalasHapus
  6. Gan, saya msh bingung tentang 5 dimensi nya

    BalasHapus
  7. tidak benar bahwa film ini mengakui adanya existensi tuhan, yang dimaksud "they" di film ini adalah manusia sendiri yang sudah hidup didalam dimensi ke6/7, seperti inti cerita film LUCY ataupun konsep ajaran budha (lahat lagi percakapan cooper dengan tars di dimensi ke-5)

    BalasHapus
  8. Bukannya salah satu dari temen2 cooper bilang, dalam tasseract itu (atau 5D) gabisa mundurin waktu. Perhatiin baik2 dialognya (dr.edmunds kl gasalah) deh pas dlm pesawatnya itu

    BalasHapus
  9. Cooper di 5D melihat Cooper di 3D berpamitan dg Murph. Dia mengirim psn ke Murph spy menahan dirinya tdk pergi bgm seandainya psn itu diterima & tdk jadi pergi? Dia yg di 5D tdk pernh ada dong? Film ttg perjalanan wkt selalu menghasilkan paradoks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau seandainya pesan diterima dan tidak jadi pergi itu malah tidak realistis karena Cooper 3D dan 5D di dimensi yang berbeda, seperti yang di jelaskan di atas film ini sangat realistis dari awal smpai akhir cerita.

      Hapus
    2. Ada dialog antara TARS dan Cooper saat mereka sedang terjebak di dunia 5D. TARS bilang "Mereka tak membawa kita kemari untuk merubah masa lalu".

      Hapus
  10. Tina rahma bener. Jadi nanti alurnya gitu mulu.. . Cooper berangkat, terus ke 5d, terus bikin sandi, terus berangkat lagi, terus terjebak lagi....

    BalasHapus
  11. Habis nonton film ini saya gk bs tidur2. Semua perasaan berkecamuk, kagum, imajinasi, sedih, takut, dsb. Terbayang nasib manusia, sains, agama tuhan, kematian, dsb. Gk pernah sy nonton film lain yg seperti ini

    BalasHapus
  12. sama kyk bung alamsyah

    dan stuju sama tina rahma, , paradoks.. cerita yg tidak berkesudahan

    BalasHapus
  13. Gimana sama nasib amelia brand? dia ada di planet yg ke 3 terus ngebangun sebuah koloni disana ? .. ternyata masih ada planet yg bisa di huni bukan? ..

    artikel ini msh ada yg kurang sangat cukup klo di tambahin endingnya cooper ingin menyusul amelia gan ..

    BalasHapus
  14. Mumet ndhasku nonton film ini

    BalasHapus
  15. Intix, mesti putar otak buat bisa nikmatin jalan ceritax film ini..
    Ini br film yg gak cm alurx gak pasaran..two thumbs up deh buat directorx..

    BalasHapus
  16. ada yang bisa jelasin plan A dan plan B di awal cerita kurang paham, dan murph di ending berada di planet apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tujuan para astronot pergi ke luar angkasa ialah untuk mencari planet hunian yang memiliki karateristik yang sama dengan planet bumi. Teridentifikasi ada 3 planet yang karakternya sama, Planet Miller, Planet Mann dan Planet Edmund.

      Planet Miller dan Planet Mann ternyata tidak bisa untuk dihuni.

      Di adegan terakhir, Murph sampai ke Planet Edmund. Ternyataaaa, Planet Edmundlah satu-satunya planet yang bisa dihuni yang karakternya mirip dengan Planet Bumi (terlihat dari adegan Murph membuka helm astronotnya lalu menghirup napas panjang. Dan terlihat juga ada pemukiman yang lampunya menyala)

      Hapus
    2. Bukan murph, tapi amelia brand yang ada di planet edmund. Murph nya meninggal d cooper station. (Sekedar meluruskan).

      Hapus
    3. Bukan murph, tapi amelia brand yang ada di planet edmund. Murph nya meninggal d cooper station. (Sekedar meluruskan).

      Hapus
  17. i love this movie it's so very perfect and greatful sains

    BalasHapus
  18. Masih bingung bagian 5D nya....

    BalasHapus
  19. ada yang bisa jelasin saat amelia brand ingin bersalaman dengan cooper?

    terus di adegan terakhir murph itu ada di planet mana?dan apakan cooper ingin menyusul amelia brand?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bukan di planet, itu semacam stasion luar angkasa yang di buat semirip mungkin bumi tapi dengan desain tabung. Kalau ga salah namanya Project Horizon. Coba search aja di google.

      Hapus
    2. Cooper Stasion, pada saat itu sedang mengorbit di saturnus kalo ga salah

      Hapus
  20. Nyimak *gw belum ngerti scene terakhir filmya :3 tapi sejauh ini yg gw ngerti alur ceritanya emang keren.. dan gw kayaknya hrus 4x nonton film ini biar ngerrti wkek

    BalasHapus
  21. Film ini masih banyak menyisakan pertanyaan, Ketika Scene dimana Prof. Brand menjelaskan bahwa ada whromwohle di dekat saturnus, dan menyebutkan bahwa
    ada "MEREKA" yang menempatkan itu disana sesuai dengan kebutuhan manusia untuk mencari tempat tinggal baru. Dan kemudian ketika scene perbincangan Cooper & TARS/CASE
    Ketika mereka terjebak di dunia 5D, TARS mengatakan bahwa "Mahluk Itu, MEREKA" membangun terjemahan ruang 3D, 4D kedalam 5D, dan sepertiya 5D sendiri sepertinya mmg dibagun
    khusus untuk memfasilitasi cooper sang "terpilih" untuk mmpengaruhi masa lalunya sendiri demi membangun asal muasal peradaban manusia di dunia baru,
    Dan kemudian cooper menyadari dan menyampaikan pada TARS bahwa bukan "MEREKA atau Mahluk itu" tapi "Itu kita, Manusia". Kalau benar seperti itu dan digabungkan
    dengan statement Prof. Brand bahwa manusia sendiri pula yang menempatkan WormWhole itu di situ sebagai pintu masuk manusia ke peradaban manusia baru.

    Dari anti teori penyampaian Cooper sendiri Ini Jelas time paradoks tanpa ada melibatkan unsur keberadaan Tuhan, dan agama seperti review yang agan bilang. WHAT THE HELL. Apa ini yg mau disampaikan NOLAN BROTHERS??? yah tergantung bagaimana penonton ngambil kesimpulan apa yg disapmaikan film ini, But kalau mau disambungkan dengan Agama masih banyak hal yang relevan, dan
    mengakui keberadaan Tuhan.

    Dan BTW apa yg terjadi kalau Cooper gak melakukan apa" ketika di 5D, dan tidak memberikan pesan pada murph. Minimal tidak memberikan koordinat NASA, dan maka Cooper
    tidak akan pernah ikut misi Lazarus, selesai sudah time paradoks ini :D

    Tapi film ini mungkin NOLAN ingin menyampaikan pesan bahwa Bukan hanya "Gravity" yang bisa melewati semua teori relativitas Ruang & Waktu, tapi Juga "LOVE" seperti yang Dr Amelia Brand
    bilang atau kekuatan "INSTINCT SURVIVE" seperti yang Dr. Mann sampaikan.Terbukti dari kekuatan cinta ayah dan anak, antara Cooper & Murph yang cintanya melampaui ruang dan waktu sehingga pesan cooper dari 5D tetap tersampaikan pada anaknya.

    Dan mungkin tidak akan cerita ada perjalanan Ruang & Waktu dan terjebak di 5D, apabila Cooper percaya pada statement Dr. Amelia Brand untuk memilih berangkat lebih dulu keplanet Edmund dari pada Dr. Mann,
    yang Cooper ragukan bahwa keinginan Dr. Amelia itu subjektif hanya karena perasaan "CINTA" Amelia pada Edmund, Disini lagi" NOLAN ingin menyampaikan pesan kekuatan cinta tersebut pada penonton.


    Overall, kekuatan cerita film ini sangat kuat, dan cara nolan ingin menyampaikan pesan lewat film tidak ada yg sia" dan sangat kompleks di tiap scene, AMAZING !!

    BalasHapus
  22. Yang saya bingung kan kenapa Cooper bisa ada di sekitaran Saturnus atau Station Cooper setelah terlempar dari Blackhole Gargantua ?
    Sedangkan cara masuk ke galaksi lain nya adalah melewati Wormhole di sekitar Saturnus

    BalasHapus
    Balasan
    1. elu kurang memperhatikan dialog Dokternya.dia kan bilang "Pilot Ranger menemukanmu satu menit sebelum persediaan oksigenmu habis".sesudah dia terlempar kan sudah melampaui puluhan tahun dari dia berangkat

      Hapus
  23. Kesudahan filem ini ibarat tergantung
    Di akhir cerita cooper menaiki pesawat pergi entah ke mana
    Atau mukinkah dia mahu pergi ke garis masa kembali pada anak2 nya
    Filem ini membuatkan para penonton tertanya tanya kesudahan kisah ini
    Sesuatu yang ingin di sampaikan tidak jelas..
    Saya meminati kisah2 science fiction kerana ia kisah yang maju ke hadapan
    Sambil itu ianya memberi kita ilmu yang sangat jarang kita dapat berlajar...
    Apa2 pun saya memberi 4 bintang untuk filem ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cooper pergi dengan pesawat untuk menjemput Dr. Brand yang ada di Planet Edmun.. (cooper disuruh oleh murph yg udah tua terbaring sakit untuk kembali kpda Dr. Brand)

      Hapus
  24. baru tambah ngarti padahal udh nonton 3 kali, xixixixi....
    tq min

    BalasHapus
  25. Prediksi saya bakalan ada kelanjutannya nih, cooper kembali ke bumi untuk melihat kondisi bumi setelah di tinggalkan nya hahahaha. Btw 2 thumbs up untk film ini.

    BalasHapus
  26. Keren nih rating dari filmnya :o Sinopsisnya juga keren sip lah

    BalasHapus
  27. Plan a disukseskqn murphy di masa dpn dan mnusia bumi di masa dpn tinggal di dkt saturnus yaitu stasiun cooper
    Di sisi lain plan b juga sukses dilakukan oleh brand dan cooper yinggal mnunggu koloni2 baru survive dan beradaptasi

    BalasHapus
  28. Kalau ga salah tangkap ya... alur crita mya emg maju mundur... ada masa lalu .. masa kini dan masa dpn.. plot awal dimana kita liat murphy kcl dan cooper sbenernya itu adalah flashback masa lalu... masa kini cooper sdg terjebak di 5d.. k3inginannya yg kuat utk mengubah mada lalu membuat dia mengirim psn2 morse ke masa kalu tp dia ttp tdk bs mngubah masa lalu.. akhirnya dia mengirim data kuantum lwt jam tangan di ruang wkt 5d lain dan itu terbaca murphy yg sdh dewasa... singkatnya... murphy berhasil mem3cahkan data tsb dan bs membuat plan a sukses buktinya ras manusia bs survuve di cooper station.. wprmhole dan 5d itu diciptakan manusia di stasiun cooper utk membantu ayah murphy yg msh terjebak disana.. dan akhirnya stelah mrk mendeteksi ayahnya ruang 5d itu dihilangkan dna m4k bs m3nyelamatkan cooper.. cooper s3lamat di masa dpn krn wkt sdh berlalu lama dia terjebak di 5d... masa skrg yaitu masa dpn bagi olot yg awal adalah masa skrg di masa dpn dmn murphy sdh tua tp cooper dan bramd msh muda.. brand sndirian br terdampar di edmund.. begitulah tafsiran saya.. kalau ada yg slh atau krg dimengerti mohon makkum ya silahkan sharing jg kalau ada p3ndapat lain nya :))

    BalasHapus
  29. Film film dr christoper nolan memang mengagumkan, dan saya sering menonton hasil karyanya, dia adalah sutradara yg jenius, dan satu lg actor favoritnya di setiap film yg dia buat yaiutu michael cane, salah satu sutradara yg paling saya suka selain ridley scott.

    BalasHapus

Posting Komentar

Jangan lupa Komentar ya :)

Pos populer dari blog ini

Panduan Cara Naik Pesawat Untuk Pemula

Arti kata Fuck

Pendapatan Perkapita (GDP) Negara tahun 2015